Wednesday 3 November 2010

Tugas Kelompok Knowledge Management

Nama Kelompok 11:
1. Irvan : 1200976876 2
2. Deliana : 1200975173
3. Marcelina : 1200990180
4. Devi : 1200990211
5. Edwin : 1200979676


Toyota Motor Manufacturing

Toyota Motor Corporation didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil Pabrik Otomatis Toyota. Toyota merupakan pabrikan mobil terbesar di dunia dalam unit sales dan net sales. Pabrikan terbesar di Jepang ini menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya. Toyota didirikan oleh Sakichi Toyoda, yang berawal dari sebuah industri tekstil (Marimutu Sinivasan, pendiri Texmaco). Toyoda mengabdikan hidupnya mempelajari dan mengembangkan perakitan tekstil. Ini kemudian mengantarnya mendirikan cikal bakal perakitan Toyota, yakni Toyoda Automatic Loom Works, Ltd. pada November 1926.

Mulai tahun 1933, ketika Toyoda membangun divisi otomotif, tim yang kemudian banyak dikendalikan oleh anaknya Kiichiro Toyoda, tiada henti menghasilkan inovasi-inovasi terdepan di zamannya. Mesin Tipe A berhasil dirampungkan pada 1934. Di tahun 1936 mereka meluncurkan mobil penumpang pertama mereka, Toyoda AA (kala itu masih menggunakan nama Toyoda). Kemudian tahun 1937 mereka meresmikan divisi otomotif dan memakai nama Toyota, bukan Toyoda seperti nama industri tekstil.

Merek yang memproduksi 1 mobil tiap 6 detik ini ternyata menggunakan penamaan Toyota lebih karena penyebutannya lebih enak daripada memakai nama keluarga pendirinya. Tak ayal, tahun 1937 merupakan era penting kelahiran Toyota Motor Co, Ltd. cikal bakal raksasa Toyota Motor Corp (TMC) sekarang. Toyota kemudian berkembang menjadi penghasil kendaraan tangguh. Di era 1940-an, Toyota sibuk mengembangkan permodalan termasuk memasukkan perusahaan di lantai bursa di Tokyo, Osaka dan Nagoya. Toyota mengembangkan prototipe Land Cruiser yang keluar tahun 1950. Setahun kemudian meluncurkan secara resmi model awal Land Cruiser yakni model BJ.

Tak lama berselang, Toyota Land Cruiser mulai menandingi dominasi Jeep Willys. Mereka juga mengembangkan model yang menjadi favorit dunia, sedan kecil, Corolla yang memulai debutnya pada tahun 1966. Memasuki tahun 1975, Corolla masuk dalam generasi ketiga dan terjual lebih dari 5 juta unit. Di tahun 1990-an, Toyota semakin membuktikan bahwa mobil Jepang dapat bersaing dengan mobil Eropa dan Amerika. Toyota Celica berhasil menjadi juara rally dunia, dan Toyota Camry menjadi mobil paling laris di Amerika


Knowledge Goal
-Tetap menjadi produsen mobil dan motor nomor 1 di dunia
-Pendapatan perusahaan dan tingkat penjualan semakin lama semakin meningkat setiap harinya
-Mempekerjakan dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas
-Terus berusaha mencapai visi dan misi perusahaan
-Terus menjaga kedisiplinan karyawan dan tetap berpegang pada peraturan yang ada di perusahaan
-Berusaha untuk selalu melakukan inovasi


Core Business Toyota
- Proses Menentukan Jenis Mobil
- Proses Merancang Mobil
- Proses Mendesain
- Proses Merakit
- Proses Menjual
- Proses Mempromosikan


Knowledge Functional
- Tips and Trick bagaimana designer selalu mengeluarkan design terbaru untuk Toyota
- Panduan-panduan mekanik menggunakan sparepart
- Tips and Trick menekan biaya produksi
- Tips and Trick mencari SPG dan karyawan
- Data-data kecenderungan pembelian
- Cara-cara menarik pelanggan
- Tips and trick menghadapi keluhan pelanggan
- Cara-cara mencari pemasok yang murah
- Tips and trick meningkatkan proses produksi


Knowledge Behavioural
- Setiap divisi memiliki seragam yang berbeda
- Mandor bagian produksi langsung terjun ke lapangan
- Departemen pengawasan kualitas melakukan survei dengan kuisioner
- CS selalu mengucapkan salam


Knowledge Structural
- Pembagian pembelian bahan baku
- Prosedur pengecekan bahan baku
- Prosedur pembelian bahan baku
- Prosedur penjualan
- Prosedur promosi
- Prosedur merakit mobil
- Aturan mencari Technical
- Prosedur melayani pelanggan
- Prosedur pengiriman barang
- Aturan mencari Mechanical
- Aturan service mobil
- Prosedur menguji mobil
- Prosedur pengiklanan
- Aturan menerima hasil penjualan


Knowledge Operasional
- Meningkatkan alat komunikasi untuk customer service
- Membuat aplikasi untuk customer service
- Karyawan disediakan peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki mobil
- Menyediakan mesin" yang diperlukan dalam membuat mobil sesuai tipenya
- Mencari karyawan yang memiliki pengalaman marketing dan mengetahui seluk beluk mobil


Knowledge Strategi
-Meningkatkan kualitas produksi perusahaan
-Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu dalam memproduksi mobil


Knowledge Normatif
-Meningkatkan motivasi karyawan
-Membuat sisem bonus untuk karyawan di atas target yang sudah ditentukan -Meningkatkan kedisiplinan karyawan
-Membuat karyawan fokus terhadap pekerjaannya


Fitur-Fitur

Product knowledge

Karyawan dapat mengetahui secara detail tentang produk Toyota, keunggulan, dan apa yang menjadi daya tarik dari produk itu sendiri




Panduan Penjualan

Menyediakan trik-trik penjualan, untuk memudahkan bagian marketing dalam menghadapi customer sehingga dapat menjual produk dengan baik, serta karyawan dapat mengupdate trik-trik penjualan yang baru.  




Discusion Forum
Menyediakan sarana bagi karyawan untuk berbagi dengan sesama karyawan dengan menuangkan ide, saran dan masukkan yang positif untuk kemajuan perusahaan




Supplier documentation
Berisi tentang semua data dari supllier, hingga bahan baku yang ditawarkan beserta harganya. Di mana memberikan kemudahan untuk perusahaan dalam memilih supplier dengan penawaran harga terendah, serta kualitas bahan baku yang digunakan, sehingga perusahaan bisa menekan pembiayaan produksi



 
Case Base Reasoning
Berisi tentang masalah-masalah yang selama ini terjadi beserta solusi yang diberikan, sehingga memudahkan perusahaan dalam menghadapi masalah ke depannya.




Introduction material
Bahan pengetahuan tentang perusahaan di mana diperuntukkan pada karyawan baru dalam mengetahui visi misi perusahaan serta budaya umum di dalam lingkungan perusahaan.




Desain rancangan mobil
Menyediakan saran bagi karyawan maupun sales untuk memberikan rancangan mobil yang diinginkan oleh para customer, sebagai suatu patokan untuk membuat produk yang di idam-idamkan oleh customer.




Standart Produksi
Menyediakan secara detail tentang pelaksanaan proses produksi, sehingga karyawan bagian produksi mengerjakan produksi secara baik sehingga mneghasilkan produk yang sesuai standart produksi.






Balance Shortcut


Perspektif Keuangan

- Tidak ada kecurangan dalam pembayaran pajak
Tingkat kecurangan penghitungan pajak 0%.

- Tidak ada kecurangan dalam pencatatan laporan keuangan.
Jumlah akun yang dicatat sesuai dengan data yang sebenarnya.



Perspektif Pelanggan

- Menanggapi keluhan pelanggan dengan cepat.
Keluhan harus diresponi maksimal 3 hari.

- Mengembangkan toyota di berbagai cabang.
Sampai sekarang toyota masih merupakan produsen mobil nomor 1 di dunia.\

- Meningkatkan kepuasan pelanggan.
Tingkat komplain produk tidak lebih dari 3%.



Internal Bisnis Proses

- Meningkatkan kinerja proses produksi
Sehari bisa merakit 100 juta mobil.

- Meningkatkan kualitas produk.
Tingkat garansi tidak lebih dari 5%.



Learning and Growth

- Menjaga kesuksesan perusahaan :
Sampai sekarang toyota masih merupakan produsen mobil nomor 1 di dunia

- Mencari solusi yang tepat untuk setiap masalah :
Solusi permasalahan yang tepat mencapai 80%.

0 comments:

Post a Comment