Wednesday 19 January 2011

5 Tulisan Karya Sendiri

Pengetahuan Yang Saya Dapatkan Selama Belajar Knowledge Management

Saya baru mendengar dan mengetahui tentang knowledge management pada waktu saya kuliah semester 5 di Bina Nusantara University. Saya mengambil jurusan fakultas Komputerisasi Akuntansi, peminatan Sistem Informasi Akuntansi. Pada awal masuk perkuliahan Knowledge Management, saya belum begitu paham tentang pentingnya knowledge management. Sampai dosen saya memberikan contoh-contoh perusahaan yang mengimplementasikan knowledge management, seberapa besar pengaruh knowledge management itu bagi perusahaan mereka, dan seberapa besar keberhasilan yang mereka dapatkan.

Walaupun tentunya tidak semua perusahaan berhasil mengimplementasikan knowledge management. Selain itu juga terdapat berbagai analisis dalam knowledge management seperti knowledge goal, core process, dan lain-lain yang membuat mata kuliah ini makin menarik. Saya merasa sangat beruntung pernah mendapatkan mata kuliah ini. Saya menjadi tahu tentang apa hal terpenting yang dimiliki perusahaan, hal yang dapat mengubah perusahaan tersebut menjadi maju dan berkembang.
Pentingnya knowledge management dalam suatu perusahaan adalah karyawan yang telah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan, pastinya memiliki banyak knowledge, dan bila karyawan itu pergi, perusahaan telah ikut kehilangan knowledge juga, dan hal tersebut sangat merugikan perusahaan. Banyak perusahaan yang melakukan kesalahan dalam hal ini, sehingga akhirnya saat orang-orang yang berkompetensi dalam perusahaan mereka hilang, mereka pun collapse.

Knowlede management bisa ada, dikarenakan ada perusahaan yang berpikir cara apakah yang dapat dilakukan agar bila kehilangan orang-orang yang berkompetensi dalam perusahaan, mereka tidak collapse. Di beberapa perusahaan, knowledge management telah diwujudkan dengan membentuk berbagai sarana yang dapat menampung knowledge-knowledge yang dimiliki semua karyawannya, contoh : Discussion Forum.

Dengan adanya knowledge management di dalam perusahaan, perusahaan tidak perlu takut lagi bila kehilangan orang-orang yang berkompetensi, karena knowledgenya tetap ada di perusahaan, dan karyawan yang baru dapat melihat knowledge tersebut. Dengan adanya knowledge management, semua juga dapat berbagi pengetahuan, antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain. Walaupun ada faktor penghambat share knowledge tersebut, seperti faktor tidak adanya waktu, atau sibuk karena pekerjaan yang banyak, perusahaan tetap berusaha mewujudkan hal tersebut sampai sekarang.



Cara Memelihara Hamster Yang Baik

Waktu saya kelas 3 SMP, saya pernah memelihara hamster. Jauh lebih baik bila hamster saya meninggal karena kelalaian saya merawatnya. Setidaknya sesuatu yang begitu saya sayangi dan saya jaga dengan baik tidak hilang begitu saja di depan mata. Hamster saya mati dimakan tikus, malam hari sewaktu saya tidur. Pada pagi hari di kandang hanya ada kulitnya, dan lumuran darah. Saya menulis blog ini, agar semua yang memelihara hamster dapat menjaga hamsternya dengan baik. Bukan hanya karena kelalaian kalian merawatnya, hamster kalian meninggal. Berikut cara-cara yang dulu saya terapkan :

1. Jaga kebersihan badan hamster
Kita suka pegang-pegang dan main-main sama hamster karena ia lucu. Karena alasan itulah kita harus menjaga kebersihan badannya, dari pada nanti kutunya loncat ke kita,haha.. Hamster jangan pernah terkena air, hamster akan langsung mati karena kedinginan. Untuk memandikan hamster belilah pasir khusus untuk mandi hamster. Pasirnya terdiri dari 2 jenis, yaitu yang wangi dan tidak.

Saran saya pilihlah pasir yang wangi, karena wanginya enak, biar hamster kita wangi,hehe.. Dulu saya memandikannya setiap 2 hari sekali. Kalau hamster saya tidak mao mandi sendiri, saya mandikan secara paksa, yaitu ambil badannya, dan digesek-gesekkan ke pasirnya. Yang penting dia wangi dan bersih,haha.. Kalau malas setidaknya kalian memandikan dia 4 hari sekali. Jangan meninggalkan pasir di kandangnya, karena pasirnya suka dikencingin dan dibeoli si hamster, pasirnya jadi ga steril lagi deh,haha..

2. Jaga kebersihan kandang hamster
Kebersihan kandang bisa dikatakan lebih penting dari pada kebersihan badan. Kandang tidak boleh bau, dan tidak boleh lembap ( basah ). Di dalam kandang harus ditaburi serbuk kayu yang khusus untuk hamster secara merata. Perhatikan dalam membeli botol minuman untuk hamster. Apabila bocor jangan dipakai lagi, karena akan membuat kandang hamster basah. Dulu saya mengganti serbuk kayu dan mencuci kandang hamster 3 hari sekali. Kalau malas setidaknya kalian mengganti serbuk kayu dan mencuci kandangnya 5 hari sekali.

3. Memberi makan secara tepat
Makanan tidak boleh ditaruh banyak-banyak di dalam tempat makan. Alasannya :
- Hamster suka makanan baru, jadi makanan yang telah berjam-jam di tempat makan bisa dikatakan tidak akan disentuh, dia tidak akan makan kalau tidak kelaparan.

- Hamster tidak pintar, hamster sering mengencingi makanannya. Kalau makanan dalam tempat makan tidak diganti-ganti dengan alasan belum habis, karena kelaparan hamster pasti memakan makanan yang sudah dia kencingi, akibatnya dia bisa terkena diare.

Jadi cara memberi makan yang tepat adalah :
Menaruh makanan sedikit saja ke dalam mangkuk, asal memenuhi satu diameter tempat makan saja. Dijamin, ga lama kemudian nengok lagi makanannya habis total,haha.. Apabila memakai cara ini, harus memberikan makan sehari 3 kali, yaitu pagi, sore, dan malam. Bila tidak sempat, setidaknya yang paling harus adalah pada saat kita bangun tidur, dan saat kita mao tidur

4. Bagaimana bila hamster stres?
Bila hamster stres, ciri-cirinya adalah :
- Bila hamster bersalto seperi kera sakti, itu bukan karena dia hebat.
- Bila hamster tidak mao makan dan tidak mao minum
- Bila hamster memakan anaknya yang baru lahir

Cara mengatasinya adalah :
- Belikan mainan dan taruh di kandang, seperti roda berputar
- Jangan cuma di kandang, lepasin aja sekali-kali

5. Bagaimana bila hamster melahirkan ?
Apabila saat kita mao memberi makan, atau mengganti serbuk kayu melihat anak hamster kita lahir, tetap kasih makan cepat-cepat, jangan lakukan apa-apa selain menaruh makanan di tempat makanan. Lalu langsung cepat-cepat tutup atas kandang dengan kain. Jangan semuanya agar celah udara masuk, sisakan juga untuk lobang oksigen. Jangan langsung panik bila induk hamster memakan anaknya sendiri.

Prinsip hidup hamster adalah lebih baik si induk memakan anaknya dari pada melihatnya menderita karena sakit. Jadi yang dimakan adalah anak yang sakit. Selain itu juga, pisahkan si jantan dari si induk betina dan anak, sampai anak hamster tidak menyusui si induk lagi. Setelah itu, bisa memberikan hamster makanan, dan kembalikan saja si induk ke kandang si jantan kembali. Menjadikan anak satu kandang dengan ayah bila anak badannya sudah cukup besar.

6. Bila hamster diare
Ciri-cirinya adalah pantatnya selalu basah, terlihat lemas, dan tidak mao makan. Bila hamster terkena diare, tidak ada lagi yang dapat dilakukan selain mengkarantinanya agar hamster lain tidak tertular. Diare adalah penyakit yang paling mematikan untuk hamster. Untuk mencegahnya adalah dengan memperkuat nomor 2 dan 3 di atas.





Cantik Tanpa Ke Salon
Apabila ingin pergi ke pesta, dress ok, rambut, dan make up pasti juga harus ok. Namun seberapa sering kita ke pesta, dan seberapa banyak kita harus mengeluarkan uang untuk pergi ke salon. Berikut ini adalah tips-tips berdandan sendiri di rumah agar hemat,hoho..

1. Rambut
Bila ingin mengkriting rambut, cukup dengan menggunakan sumpit. Caranya adalah :
- Rambut dinaikkan ke atas dengan kedua tangan, seperti ingin menguncir rambut.
- Taruh sumpit di sebelah kiri rambut dengan posisi sumpit lurus, dan rambut yang dipegang di tangan agak dibengkokkan ke arah kiri sampai menutupi sumpit
- Lalu putar sumpit ke arah atas, dan gulung terus rambut, sampai ke rambut yang terakhir, masukkan sumpit ke tengah gulungan rambut tersebut.
- Diamkan selama 1-1,5 jam.
- Setelah itu, buka rambut dan gulungannya secara perlahan
- Rambut yang telah keriting tinggal disemprotkan hair spray

2. Make up
Bahan-bahan :
- Bulu mata palsu (jangan lebai, pilih yang paling tipis dan paling pendek bulunya)
- Eye liner pensil dan cair
- Lem bulu mata
- Eyeshadow
- Blush on
- Pensil alis
- Foundation
- Bedak tabur dan padat
- Pelembab wajah
- Lipstik atau lipgloss
- Conceler

Langkah-langkah :
- Pakai pelembab wajah untuk melindungi wajah dari make up
- Gunakan foundation secara merata pada wajah
- Gunakan conceler, oleskan pada bawah mata dan ratakan dengan jari (bila bawah mata ada lingkaran hitam)
- Gunakan bedak tabur
- Oleskan lem bulu mata pada bulu mata palsu
- Pakai bulu mata palsu, dengan menempelkan ujung bulu mata palsu ke ujung mata sampai seterusnya.
- Gunakan eyeliner di garis bulu mata palsu
- Pakai eyeshadow
- Gunakan eye liner pensil di bawah mata
- Pakai blush on
- Gunakan bedak padat
- Sentuhan terakhir adalah memakai lipstik atau lipgloss





Tips-Tips Memberikan Respon Untuk Cowok

Kita naksir cowok tapi ngak tao mao ngapain biar kita tao dia juga naksir kita atau ngak, berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan :
1. Cari info tentang dia
Cari tao facebooknya, atau waktu ngobrol sama dia atau teman-teman dia, alihkan ke topik yang menyangkut si doi sudah punya pacar atau lagi deketin cewek ngak. Kita ngak mao buang-buang waktu buat naksir cowok yang udah punya cewek dunk, kalo masih deketin cewek sih masih janur kuning belum melambai,he..

2. Sms dia
Jangan telepon, sms dia aja. Sms doank ngak berarti apa-apa, ngak nurunin martabat. Tapi pertama-tama harus cari tao dulu nomor teleponnya,he..
Dan pintar cari alasan. Sms pertama jangan tanya hai, lagi ngapain. Kita cewek, jaim dikit. Untuk permulaan, sms duluan cuma boleh paling banyak 2 kali, dan cari alasan tanya apa gitu yang menyangkut sekolah, kuliah, ato kerjaan. Kalo kamu udah sms duluan dua kali, terus si doi juga ngak sms kamu, padahal terakhir kamu sms udah lama. Yah kamu nyerah aja kalo gitu, si doi berarti memang ngak tertarik. Udah dikasih umpan juga ngak diambil,he..

3. Dia sms kamu
Bila si doi sms bahkan telepon waktu kamu ngak sms dia lagi, wah itu artinya kamu ada harapan tuh. Cowok bales sms cewek yang sms dia itu biasa. Tapi kalo dia sms cari kamu tanda-tanda tuh. Yah sampe tahap ini nikmati aja smsan dan telpnan.

4. Dia ajak pergi
Jangan langsung mao kalau diajak pergi. Kamu baru boleh mao pergi setelah si doi 2 kali ngajak. Kalau udah 2 kali nolak, yang ketiga kali kamu harus terima,he.. Kalau dia ngak ngajak yang ketiga, kamu aja yang ngajak ketiganya. Mungkin dia cape ngajak kamu karena udah nolak dua kali, jadi yang ketiga kali kamu yang ngajak ngak masalah,he..
Yang jelas prinsip yang harus ditegakkan adalah jangan ngajak pergi kalau dia aja satu kali pun ngak ada ngajak pergi.

5. Dia nembak kamu
Jangan mao nerima cowok yang nembak lewat sms, surat, atau telepon. Kita harus ketemu langsung, face to face. Bila si doi ngak nembak langsung, suruh dia face to face. Kalau dia bener sayang pasti mao kok. Terus jangan terima kalau deket 1 bulan aja belum ada. Paling cepet itu jadian 1 bulan setelah kenal,he..

Yang paling penting adalah, jangan menutupi sifat asli kita waktu dekat sama cowok. Jadilah diri sendiri apa adanya, dan doi juga harus menerima apa adanya. Yang paling penting doi harus tao semua tingkah laku dan sifat kita. Kalau dia masih mao baru itu namanya sayang,he..





Aku Ingin Ayah dan Ibu

Seorang anak kelas 2 sd bernama Rei mendapat peran utama dalam pentas di sekolahnya. Semua teman-temannya ingin mengundang orang tua mereka untuk melihat pentas, padahal mereka hanya menjadi bunga, dan peran kecil lainnya. Rei tahu agak susah pasti membujuk kedua orang tuanya yang sibuk. Selama ini saja, selain sarapan dan makan malam orang tuanya tidak ada di rumah. Sarapan dan makan malam pun, kedua orang tuanya hanya sms ato telpnan sambil makan.

Malamnya Rei bertanya kepada orang tuanya, dan jawabannya tepat seperti yang ia duga, “Kita liat nanti ya, tapi aku tidak janji aku bisa datang.” Rei sangat suka kartu pokemon. Ia selalu menyisihkan uang dari orang tuanya untuk membeli kartu pokemon, dan mengumpulkan koleksi kartunya sedikit demi sedikit sampai sekarang kartunya hampir komplit. Guru berulang kali menanyakan, “Orang tuamu bisa datang tidak? Lebih baik cepat, tiketnya semakin lama semakin sedikit, nanti kamu kehabisan.”

Rei berpikir, apa yang harus kulakukan agar orang tuaku mao datang 1 jam saja untuk melihatku pentas di sekolah. Akhirnya ia menjual semua kartu pokemonnya, dan membeli tiket pentas sekolah untuk papa dan mamanya. Dan sekarang, apa yang harus dilakukannya? Percuma beli tiket saja juga mereka pasti tetap tidak mao datang. Apa yang membuat mereka bisa datang? Mereka bekerja untuk mendapatkan uang, bagaimana bila aku membeli waktu kerja mereka 1 jam saja.

Uang yang didapat mama dan papaku besar. Dari mana lagi aku dapat uang untuk membeli waktu mereka? Kartu pokemon juga sudah kujual habis semuanya. Sambil berpikir, sewaktu membeli makanan, ia melihat di kasir uang yang begitu banyak tergeletak begitu saja di meja. Kasir juga tidak memperhatikan uangnya. Akhirnya ia mencuri uang itu, dan cepat-cepat pulang ke rumah menunggu malam untuk berbicara dengan orang tuanya. Ternyata di tempat makan itu terdapat kamera sisi tv, dan pemilik tempat makan itu adalah teman mama dan papanya. Pemilik tempat makan langsung menelepon papa dan mamanya, mengatakan bahwa anaknya mencuri.

Pulanglah mereka ke rumah, dan langsung memukul anak itu sambil bertanya, “kenapa kamu mencuri uang? Apakah uang yang kami berikan kurang?”. Sambil menangis Rei menjawab, “Maafkan aku, aku hanya ingin membeli waktu ayah dan ibu 1 jam saja untuk menonton pertunjukanku. Aku sudah menjual semua kartu pokemonku, tapi uangnya tetap tidak cukup.”

Saat mendengar itu, kagetlah kedua orang tuanya, dan mereka tersadar. Rei sangat menginginkan kartu pokemon itu, dan merengek setiap memintanya. Ia mengumpulkan sedikit demi sedikit kartu itu, sampai akhirnya dia menjual semuanya hanya agar orang tuanya datang ke pentasnya. Sejak saat itu, kedua orang tua Rei sadar bahwa bukan hanya materi yang harus mereka berikan, tetapi juga kasih sayang.

0 comments:

Post a Comment